PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) SD Negeri 1 Koba

Oleh : Sri Dewi Anggriani, S.Pd.SD

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Selamat datang disites SDN 1 Koba Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pada sites ini kami akan berbagi pengalaman selama PJJ berlangsung. Pembelajaran Jarak Jauh atau yang disingkat dengan PJJ telah berlangsung selama setahun. Sejak merebaknya wabah COVID-19 maka proses pembelajaran tatap muka otomatis ditiadakan. Agar aktivitas proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik, maka banyak dilakukan inovasi-inovasi pembelajaran di dunia maya. Salah satunya adalah pembuatan sites. Dengan adanya sites ini diharapkan peserta didik dapat lebih mudah mengakses materi pembelajaran dan latihan menggunakan LKPD secara on line. Sehingga tingkat kejenuhan peserta didik dapat dikurangi.

Berbagai aktivitas yang dapat dilakukan peserta didik kelas 6B diantaranya adalah melakukan pembiasaan pagi yaitu sholat subuh, mengaji dan murojaah Al Qur’an, membantu orang tua, olah raga, dan tak lupa selalu menjaga kesehatan yaitu mandi pagi. Kegiatan tersebut dapat dipantau oleh guru kelas melalui WA group belajar. Ada juga pengisian kartu pembiasaan sholat, mengaji, dan aktivitas di rumah yang ditandatangani orang tua serta dikumpulkan setiap bulan.

Setelah aktivitas pembiasaan dipagi hari. Pukul 07.00 s.d 08.00 peserta didik mengisi daftar hadir digroup WA belajar. Pukul 08.00 s.d 11.00 proses pembelajaran berlangsung. Saat proses pembelajaran peserta didik masuk ke ruang belajar on line yaitu google meeting. Guru dapat menyampaikan materi pelajaran dan tugas LKPD dengan bertatap muka secara langsung melalui layar laptop atau HP. Materi serta penjelasannya dapat disampaikan melalui slide power point sehingga peserta didik lebih mudah memahami pelajaran. Buku tematik sangat berperan penting bagi peserta didik. setelah mendapat penjelasan dari guru maka mereka dapat langsung mengerjakan tugas dibuku tersebut.

Selain proses pembelajaran akademik ada juga pelajaran seni, olah raga, dan keterampilan. Peserta didik dapat melihat peragaan guru melalui google meeting. Misalnya tugas olah raga, bernyanyi, membuat buklet, dan bermain musik dapat divediokan dari rumah masing-masing. Setelah itu dikirim melalui WA pribadi guru mata pelajaran atau guru kelas.

Pada dasarnya PJJ dapat dilakukan dengan berbagai kreativitas pelaksanaan proses pembelajaran. Cuma terkadang yang menjadi kendala adalah tidak semua orang tua peserta didik memiliki gaway yang mumpuni serta dapat mensupport semua aplikasi atau link yang diberikan guru. Jika hal ini terjadi maka salah satu alternatif penyelesaiannya adalah dengan pembelajaran luring atau diluar jaringan. Banyak hal yang dapat dilakukan Ibu/Bapak Guru untuk membantu peserta didik mendapatkan pelajaran secara luring, misalnya mendatangi rumah peserta didik, menyiapkan print out materi dan tugas belajar, atau meminta mereka datang ke sekolah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar pengalaman selama PJJ berlangsung

Wassalamualaykum warohmatullohi wabarokatuh

PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) SD Negeri 1 Koba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *